Bagian 3: WORKSHOP PEMBATIK 2021 LEVEL 1, ROAD SHOW MENUJU PEMBATIK LEVEL 4
PembaTIK Level 1, Setelah status pendaftaran diterima sebagai peserta PembaTIK Level 1 gelombang 5, saya mulai mencoba untuk cari-cari informasi tentang bagaimana model penyelenggaraan workshopnya. Sesuai status dilaman Learning Managemen system (LMS) PembaTIK, bahwa pelaksanaan workshop diselenggarakan pada tanggal 19 – 30 April 2021 dan ujian akhir dilaksanakan pada tanggal 30 April 2021.
Untuk memberikan semangat awal, setiap peserta PembaTIK Level 1 diminta memasang twibbon. Setelah proses pembuatan twibbon selesai dan berhasil mengunduhnya, saya pun mulai pasang Display Picture (DP) di beberapa media sosial yang saya pakai seperti WhattApps, Youtube, Facebook, Instagram, dan lainnya. Berikut twibbon PembaTIK Level 1:
Tibalah saatnya, Workshop PembaTIK Level 1 dimulai. Saya mulai membuka Learning Managemen system (LMS) PembaTIK Level 1. Saya mulai dengan membaca petunjuk dan panduan pelaksanaan Workshop PembaTIK Level 1.
Petunjuk :
· Modul dapat berisi materi bahan ajar berupa teks, gambar, video, file doc, file ppt, file xls
· Di dalam modul anda bisa menambahkan tugas, kuis dan forum diskusi
· Urutan modul berdasarkan nilai dari atribut urutan yang terdapat pada pengaturan modul
Ada 4 (empat) modul yang harus dipelajari pada Workshop PembaTIK Level 1 dan diakhiri dengan Ujian dan Evaluasi, diantaranya:
Modul 1: Merdeka Belajar Bersama Rumah Belajar
Modul 2: Mengoperasikan Perangkat TIK (Gawai Berbasis Android) Untuk Pembelajaran
Modul 3: Tools untuk Pembelajaran Kolaborasi
Modul 4: Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran
Ujian Akhir Level 1
Evaluasi Penyelenggaraan Pembatik Level 1
Yuk, kita kupas masing-masing modul
Modul 1: Merdeka Belajar Bersama Rumah Belajar
Aktivitas Belajar pada modul 1 terdiri dari:
Pengantar Modul 1
Modul Merdeka Belajar Bersama Rumah Belajar ini terdiri dari dua kegiatan belajar, yang secara konsep urutan kegiatan belajar menunjukkan urutan pemahaman yang harus dimiliki untuk mengembangkan bahan belajar. Dalam mempelajari modul ini, setiap kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh guru adalah:
- Membaca tujuan pembelajaran sehingga memahami target dari kegiatan belajar tersebut.
- Membaca indikator pencapaian kompetensi sehingga memahami objek yang akan dijadikan kriteria pengukuran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Membaca uraian materi pembelajaran sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap kompetensi yang akan dicapai.
- Melakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan petunjuk.
- Mengerjakan soal latihan yang terdapat dalam modul.
Kegiatan Belajar 1 : Pemahaman TIK Sebagai Syarat Merdeka Belajar
Tujuan pembelajaran yang diharapkan dari kegiatan belajar 1 ini adalah:
1. Memahami Konsep Merdeka Belajar
2. Memahami Sumber Belajar Digital
Kegiatan Belajar 2 : Mengenal Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
Tujuan pembelajaran yang diharapkan dari kegiatan belajar 2 ini adalah:
1. Mengenal Aplikasi Rumah Belajar
2. Mengenal Akun Pembelajaran
Unduh Modul 1
Setelah mempelajari materi kegiatan belajar 1 dan 2 diatas, sebagai bahan penguatan peserta dapat mempelajari secara offline dengan mengunduh file modul 1 secara keseluruhan pada tautan:
MODUL 01 Merdeka Belajar Bersama Rumah Belajar
Selain melalui file modul 1, peserta juga dapat mempelajari poin-poin penting dari materi Modul 1 yang telah disajikan dalam bentuk file powerpoint, yang dapat peserta unduh pada tautan :
PAPARAN MODUL 01 MERDEKA BELAJAR BERSAMA RUMAH BELAJAR
Selanjutnya, diakhir pembelajaran pada Modul 1 ini, juga disediakan paket soal latihan berupa Test Akhir Modul (TAM). Peserta dipersilahkan mencoba mengerjakan TAM tersebut sebagai bahan latihan ujian sekaligus untuk mengukur pemahaman belajar mandiri para peserta. Jika setelah mengerjakan soal Latihan TAM, Jika peserta hanya dapat menjawab kurang dari 60% secara benar, maka disarankan peserta mempelajari ulang materi modul 1, kemudian mencoba mengerjakan TAM kembali.
Modul 2 : Mengoperasikan Perangkat TIK (Gawai Berbasis Android) Untuk Pembelajaran
Pada modul ini akan diuraikan bagaimana mengoperasikan perangkat TIK sebagai tools belajar terutama pemanfaatan gawai berbasis Android yang dapat digunakan oleh guru yang belum memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sebuah gawai ketika digunakan dalam pembelajaran.
Hal ini penting dikuasai oleh guru dan pendidik lainnya agar dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Setelah mempelajari modul ini, diharapkan mampu: 1. Mengoperasikan perangkat TIK sebagai tools untuk belajar; 2. Mengenal berbagai software dan aplikasi pembelajaran;
Aktivitas Belajar pada modul 1 terdiri dari:
Pengantar Modul 2
Pada modul ini akan dibahas strategi pemanfaatan gawai berbasis Android yang dapat digunakan oleh guru dalam memberikan pembelajaran baik secara tatap maya maupun kegiatan kolaborasi dalam sebuah forum diskusi menggunakan aplikasi pengirim pesan.
Setelah mempelajari modul ini, Sahabat diharapkan mampu:
1. Memahami perangkat gawai berbasis Android;
2. Memanfaatkan aplikasi pada gawai berbasis Android untuk pembelajaran
Kegiatan Belajar 1. Mengoperasikan Perangkat TIK (Gawai berbasis Android) untuk pembelajaran.
Kegiatan Belajar 1 - Memahami Perangkat Gawai Berbasis Android
Kompetensi yang akan dicapai pada kegiatan belajar 1 adalah:
- Mengenal Sistem Operasi Android.
- Karakteristik Gawai berbasis Android.
Kegiatan Belajar 2. Mengenal Software dan Aplikasi Pembelajaran
Kegiatan Belajar 2 - Memanfaatkan Aplikasi pada Gawai Berbasis Android
Kompetensi yang akan dicapai pada kegiatan belajar 2 adalah:
- Memanfaatkan Aplikasi Whatsapp untuk Pembelajaran
- Memanfaatkan Aplikasi Google Meet untuk Pembelajaran
Unduh Modul 2
Setelah mempelajari materi Kegiatan belajar 1 dan 2 diatas, sebagai bahan penguatan peserta dapat mempelajari secara offline dengan mengunduh file modul 2 secara keseluruhan pada tautan:
MODUL 2 MENGOPERASIKAN PERANGKAT TIK (GAWAI BERBASIS ANDROID) UNTUK PEMBELAJARAN
Selain melalui file modul 2, peserta juga dapat mempelajari poin-poin penting dari materi Modul 1 yang telah disajikan dalam bentuk file powerpoint dan juga tutorial google meet, yang dapat peserta unduh pada tautan:
PAPARAN MODUL 2 MENGOPERASIKAN PERANGKAT TIK (GAWAI BERBASIS ANDROID) UNTUK PEMBELAJARAN
Selanjutnya, diakhir pembelajaran pada Modul 2 ini, juga disediakan paket soal latihan berupa Test Akhir Modul (TAM). Sahabat dipersilahkan mencoba mengerjakan TAM tersebut sebagai bahan latihan ujian sekaligus untuk mengukur pemahaman belajar mandiri Para Sahabat. Jika setelah mengerjakan soal Latihan TAM, Jika Sahabat hanya dapat menjawab kurang dari 60% secara benar, maka disarankan Sahabat mempelajari ulang materi Modul 1, kemudian mencoba mengerjakan TAM kembali.
Modul 3 : Tools untuk Pembelajaran Kolaborasi
Aktivitas Belajar pada modul 1 terdiri dari:
Pengantar Modul 3
Modul Tools untuk Pembelajaran Kolaborasi ini terdiri dari dua kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 akan membahas tentang Aplikasi Kolaborasi Pembelajaran dan kegiatan belajar 2 akan membahas tentang Aplikasi Penyimpanan Daring. Dalam mempelajari modul ini, setiap kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh guru adalah:
- Membaca tujuan pembelajaran sehingga memahami target dari kegiatan belajar tersebut.
- Membaca indikator pencapaian kompetensi sehingga memahami objek yang akan dijadikan kriteria pengukuran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Membaca uraian materi pembelajaran sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap kompetensi yang akan dicapai.
- Melakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan petunjuk.
- Mengerjakan soal latihan yang terdapat dalam modul.
Kegiatan Belajar 1 : Aplikasi Kolaborasi Pembelajaran
Sebuah kata yang sangat lekat dengan masalah pencarian data atau informasi. Akan tetapi, sebagian besar orang mungkin belum mengetahui atau memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Google yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas kolaborasi yang tergabung dalam Google Docs Editors. Google Docs Editors merupakan bagian dari fitur yang ada pada Google Workspace yang berfungsi untuk memfasilitasi kerja kolaborasi bagi pengguna. Beberapa fitur Google Docs Editors yang lazim digunakan untuk berkolaborasi secara daring adalah Google Docs, Google Slides, Google Sheets, dan Google Forms.
Kegiatan Belajar 2 : Aplikasi Penyimpanan Daring
Tujuan pembelajaran yang diharapkan dari kegiatan belajar 2 ini adalah: Mengenalkan dan memanfaatkan aplikasi penyimpanan daring yang akan diterapkan pada Google Drive.
Google Drive adalah salah satu layanan dari Google yang dibuat untuk menyimpan data secara daring. Syarat bisa mengakses Google Drive adalah memiliki akun Gmail. Kapasitas penyimpanan yang dapat diakses secara gratis adalah 15 GB dan bisa ditambah lagi kapasitasnya apabila mengambil layanan berbayar.
Mengunduh Modul 3
Setelah mempelajari materi Kegiatan belajar 1 dan 2 di atas, sebagai bahan penguatan, Sahabat dapat mempelajari secara offline dengan mengunduh file Modul 3 secara keseluruhan pada tautan:
MODUL 3_TOOLS UNTUK PEMBELAJARAN KOLABORASI
Selanjutnya, diakhir pembelajaran pada Modul 1 ini, juga disediakan paket soal latihan berupa Test Akhir Modul (TAM). Sahabat dipersilahkan mencoba mengerjakan TAM tersebut sebagai bahan latihan ujian sekaligus untuk mengukur pemahaman belajar mandiri para Sahabat. Jika setelah mengerjakan soal Latihan TAM, Sahabat hanya dapat mejawab kurang dari 60% secara benar, maka disarankan Sahabat mempelajari ulang materi Modul 1, kemudian mencoba mengerjakan TAM kembali.
Selain melalui file Modul 3, Sahabat juga dapat mempelajari poin-poin penting dari materi Modul 3 yang telah disajikan dalam bentuk file powerpoint, yang dapat Saudara unduh pada tautan :
MODUL 3_BAHAN TAYANG_TOOLS UNTUK PEMBELAJARAN KOLABORASI.pptx
Modul 4 : Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran
Aktivitas Belajar pada modul 1 terdiri dari:
Pengantar Modul 4
Modul Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran ini terdiri dari dua kegiatan belajar, yang secara konsep urutan kegiatan belajar menunjukkan urutan pemahaman yang harus dimiliki untuk mengembangkan bahan belajar. Dalam mempelajari modul ini, setiap kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh guru adalah:
- Membaca tujuan pembelajaran sehingga memahami target dari kegiatan belajar tersebut.
- Membaca indikator pencapaian kompetensi sehingga memahami objek yang akan dijadikan kriteria pengukuran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Membaca uraian materi pembelajaran sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap kompetensi yang akan dicapai.
- Melakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan petunjuk.
- Mengerjakan soal latihan yang terdapat dalam modul.
Kegiatan Belajar 1 : Sosial Media Untuk Pembelajaran
Secara garis besar, jenis-jenis media sosial, meliputi:
- Relationship and Media Sharing Networks,
- Social Publishing Platform (blog dan microblog),
- Interest-based networks,
- Online Review and Discussion Forum
Karakteristik media sosial meliputi: Kualitas, Jangkauan, Frekuensi, Aksesibilitas, Interaktifitas, Segera, Tidak permanen, Identity, Conversation, Relationship, Sharing, Presence, Reputation, Group
Kegiatan Belajar 2 : Strategi Pemanfaatan Sosial Media Untuk Pembelajaran
Langkah pemanfaatan sosial media untuk pembelajaran, meliputi: menentukan topik, menentukan jenis sosial media, dan menetapkan tujuan.
Strategi pemanfaatan sosial media untuk pembelajaran:
- setelah menentukan topik dan jenis sosial media maka buatlah rancangan visualisasi dari topic tersebut,
- implementasikan dalam model pembelajaran tertentu misalnya project based learning dansebagainya
- terapkan netiket dan etika bermedia sosial saat memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran
Unduh Modul
Setelah mempelajari materi Kegiatan belajar 1 dan 2 di atas, sebagai bahan penguatan, Sahabat dapat mempelajari secara offline dengan mengunduh file Modul 4 secara keseluruhan pada tautan berikut ini
Modul 4 Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran
Selain melalui file modul 4, Sahabat juga dapat mempelajari poin-poin penting dari materi Modul 4 yang telah disajikan dalam bentuk file powerpoint, yang dapat Sahabat unduh pada tautan :
Paparan Modul 4 Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran
Selanjutnya, diakhir pembelajaran pada Modul 4 ini, juga disediakan paket soal latihan berupa Test Akhir Modul (TAM). Sahabat dipersilahkan mencoba mengerjakan TAM tersebut sebagai bahan latihan ujian sekaligus untuk mengukur pemahaman belajar mandiri Para Sahabat. Jika setelah mengerjakan soal Latihan TAM, Jika Sahabat hanya dapat menjawab kurang dari 60% secara benar, maka disarankan Sahabat mempelajari ulang materi Modul4, kemudian mencoba mengerjakan TAM kembali.
Bersambung ke Bagian 4: PEMBATIK 2021 LEVEL 2
#PusdatinKemendikbudristek
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#RumahBelajar2021
#BerbagiTIK

Tidak ada komentar