Bagian 4: WORKSHOP PEMBATIK 2021 LEVEL 2, ROAD SHOW MENUJU PEMBATIK LEVEL 4
Tibalah saatnya, Workshop PembaTIK Level 2 dimulai. Saya mulai membuka Learning Managemen system (LMS) PembaTIK Level 2. Saya mulai dengan membaca petunjuk dan panduan pelaksanaan Workshop PembaTIK Level 2.
Petunjuk:
1. Modul dapat berisi materi bahan ajar berupa teks, gambar, video, file doc, file ppt, file xls
2. Di dalam modul anda bisa menambahkan tugas, kuis dan forum diskusi
3. Urutan modul berdasarkan nilai dari atribut urutan yang terdapat pada pengaturan modul
Ada 5 (lima) modul yang harus dipelajari pada Workshop PembaTIK Level 2 dan diakhiri dengan Tugas akhir, Ujian dan Evaluasi, diantaranya:
1. Modul 5: Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Abad 21
2. Modul 6: Penerapan Model Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar
3. Modul 7: Pemanfaatan TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi dalam Pembelajaran
4. Modul 8: Pengelolaan Kelas yang Mengintegrasikan TIK dalam Lingkungan Pembelajaran
5. Modul 9: Pembuatan Media Video Pembelajaran Berbasis TIK
6. Tugas Akhir Level 2
7. Ujian Akhir Level 2
8. Evaluasi Penyelenggaraan Pembatik Level 2
Yuk, kita kupas masing-masing modul
Modul 5: Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Abad 21
Pemanfaatan TIK merupakan sebuah kebutuhan dalam memfasilitasi belajar di abad 21. Dalam hal ini kemampuan guru untuk memanfaatkan TIK secara tepat guna adalah kuncinya. Ketika kita membicarakan TIK pembelajaran, tidaklah semata-mata tentang kecanggihan teknologi atau kemampuan teknis penggunanya. Melainkan dalam konteks pendayagunaan fungsi TIK yang optimal dan sistemik dalam pendidikan dan pembelajaran.
Aktivitas Belajar
1. Pengantar Modul 5
2. Kegiatan Belajar 1 - Pemanfaatan TIK Pembelajaran dengan Pendekatan TPACK
3. Kegiatan Belajar 2 - Analisis Fungsi TIK dalam Pembelajaran Abad 21
4. Kegiatan Belajar 3 - Rencana Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Kelas
5. Unduh Bahan Belajar
6. Tes Akhir Modul
Modul 6: Penerapan Model Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar
Pada Modul 6 ini Sahabat akan mempelajari tentang: 1) Pemanfaatan fitur-fitur Rumah Belajar 2) Model-model Pembelajaran 3) Rancangan Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar 4) Penerapan Model Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar Hasil Tes Akhir Modul yang tersedia pada bagian akhir, tidak akan mempengaruhi penilaian PembaTIK Sahabat. Tes Akhir Modul ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Sahabat akan substansi modul 6.
Aktivitas Belajar
1. Pengantar Modul 6
2. Kegiatan Belajar 1: Pemanfaatan Fitur-fitur Rumah Belajar
3. Kegiatan Belajar 2: Model-model Pembelajaran
4. Kegiatan Belajar 3: Rancangan Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar
5. Kegiatan Belajar 4: Penerapan Model Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar
6. Unduh Modul 6
7. Tes Akhir Modul
Modul 7: Pemanfaatan TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi dalam Pembelajaran
Pada modul 7 ini Sahabat Rumah Belajar dapat mempelajari tentang: 1). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran 2). Mengenal dan mengidentifikasi fitur-fitur pada website TV Edukasi, Radio Suara Edukasidan M-Edukasi 3). Menyusun rancangan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran TV Edukasi, radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi 4). Menerapkan pemanfaatan media pembelajaran TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi dalam pembelajaran
Aktivitas Belajar
1. Pengantar Modul 7
2. Kegiatan Belajar 1. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
3. Kegiatan Belajar 2. Pengenalan fitur-fitur pada aplikasi TV Edukasi, Radio Suara Edukasi dan M-Edukasi
4. Kegiatan Belajar 3. Penerapan pemanfaatan media TV Edukasi, radio Suara Edukasi dan M-Edukasi dalam pembelajaran
5. Mengunduh Modul 07
6. Tugas Modul 7
Modul 8: Pengelolaan Kelas yang Mengintegrasikan TIK dalam Lingkungan Pembelajaran
Pembelajaran abad 21 menjadikan kolaborasi sebagai salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa. Karena, keunggulan tidak semata-mata terkait kecerdasan individual, namun kecerdasan sosial, didukung oleh individu-individu yang berkembang dinamis, teroganisir dalam iklim kolaboratif dan kooperatif. Hal ini menuntut aktivitas pembelajaran yang juga kolaboratif. Selain sebagai sebuah keterampilan, kolaborasi dalam pembelajaran juga dimaknai sebagai lingkungan belajar yang memfasilitasi terjadinya aktivitas kolaboratif. Hasil Tes Akhir Modul ini tidak akan mempengaruhi penilaian PembaTIK Sahabat. Tes Akhir Modul ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Sahabat akan substansi modul.
Aktivitas Belajar
1. Pengantar Modul 8
2. Kegiatan Belajar 1: Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar untuk Pengelolaan Pembelajaran
3. Kegiatan Belajar 2: Pengelolaan Kelas Untuk Pembelajaran Kolaboratif
4. Kegiatan Belajar 3: Project-based Learning Berbasis Teknologi
5. Mengunduh Modul 8
6. Tes Akhir Modul 8
Modul 9: Pembuatan Media Video Pembelajaran Berbasis TIK
Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan penggabungan antara gambar, suara atau audio, dan video. Film dan Video merupakan contoh media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat dimanfaatkan untuk penyampaian materi. Dalam modul ini, akan dibahas mendalam mengenai apa itu video pembelajaran dan bagaimana mengembangkan video pembelajaran. Hasil Tes Akhir Modul ini tidak akan mempengaruhi penilaian PembaTIK Sahabat. Tes Akhir Modul ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Sahabat akan substansi modul.
Aktivitas Belajar
1. Pengantar Modul 09
2. Kegiatan Belajar 1 : Mengenal Video Pembelajaran
3. Kegiatan Belajar 2 : Mengembangkan Media Video Pembelajaran
4. Unduh Modul
5. Tes Akhir Modul
TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 2
Simak dengan Baik dan Kerjakan Penugasan Sesuai Petunjuk! INGAT, Nilai Akhir Diklat = Nilai Tugas Akhir (60%) + Nilai Ujian Akhir (40%)
Penugasan PembaTIK 2021 Level 2
Buatlah Konten Pembelajaran berupa Media Video Pembelajaran dengan syarat konten yang dikembangkan mengacu pada standar konten Rumah Belajar (https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/List/TermAndCondition). Ketentuan Konten Media Video Pembelajaran: Mencantumkan topik/judul, sasaran dan tujuan pembelajaran Peserta menjadi narasumber/ presenter. Peserta harus tampil dalam video tersebut. Menampilkan bumper Rumah Belajar pada scene awal Penempatan logo Kemdikbud di kiri atas, sedangkan logo Rumah Belajar di kanan atas. Menampilkan out bumper logo Kemdikbud pada closing video File bumper dan logo dapat diunduh pada laman:
https://drive.google.com/drive/folders/1nycQIU9VW6F-MJut6Fg-Obh5qVRWdOm8?usp=sharing
Cantumkan sumber referensi untuk penggunaan grafis, foto, quotes, backsound, dll. Aspek Rasio video 16:9 Resolusi video High Definition (HD) minimal 1280 x 720 pixel File size maksimal: 500 Mb Format video: MP4 Durasi video: 3 s.d. 7 menit Kata sapaan yang digunakan: sahabat rumah belajar Unggah video pembelajaran tersebut ke google drive dan tautkan ke dalam jawaban. “Jangan lupa setting google drive agar bisa diakses semua orang”
Karya video pembelajaran diharapkan diunggah juga ke https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/ (tidak mempengaruhi penilaian) Tenggat waktu pengumpulan tugas adalah pada akhir masa masing-masing kelas. Karya peserta akan menjadi hak milik Pusdatin Kemendikbud
Setelah berjuang, saya pun dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik dan di upload pada youtube dengan alamat: https://youtu.be/Sc_PSwaGSdE
dan juga di sumber Rumah Belajar dengan alamat:
https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/4f5538a81e6344019e7dbf0e1d5a515f
Dan saya pun akhirnya dinyatakan Lulus PembaTIK Level 2
Alhamdulillah…
Bersambung ke Bagian 5: PEMBATIK 2021 LEVEL 3
#PusdatinKemendikbudristek
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#RumahBelajar2021
#BerbagiTIK

Mantap Pak Kaseri semangat terus, moga sukses selalu. Jombang hebat, Jawa Timur Maju....Inspirasi buat kita semua>>>
BalasHapus